Penyakit Eksim Basah

Penyakit eksim basah ditandai dengan bercak bersisik, berbentuk bulat, berbatas tegas, berbintil-bintil yang ada airnya, dan terasa sangat gatal dengan lokasi paling sering pada bagian punggung dan dada. Naman lain dari eksim basah adalah dermatitis numularis. Numularis diamnil dari nummulus yang artinya koin kecil. Kelainan ini lebih sering ditemui pada orang dewasa. Eksim basah pada tangan sering dijumpai pada wanita usia muda. Kelainan ini terdapat dipunggung, tangan, jari dan bagian sisi jari. Pada tungkai dan badan. Kelainan diawali dengan trauma atau benturan dan gigitan serangga. Kelainan dapat bersifat akut dan menetap, cepat meluas disertai bintil-bintil yang menyebar.

Penyakit eksim basah ini jarang ditemui pada anak dan tidak terkait dengan eksemalain. Plak eksematosa kurang lebih berbentuk koin. Tempat yang biasa terkena adalah permukaan ekstensor ekstremitas, bokong dan bahu. Plak relative menyebar, basah, vesikuler, sangat gatal dan eksudatif, jika kronis sering kali menebal dan terjadi likhenifikasi. Penyebabnya tidak diketahui. Paling sering, lesi ini terkelirukan dengan tinea korporis, tetapi plak pada eksema numuler dibedakan oleh permukaan tidak menonjol, tepi terbatas tegas, tidak ditemukan jamur pada sediaan KOH dan sering mengeluarkan air dan darah saat dikerok. Infeksi sekunder sering terjadi. Pengendalian pruritus biasanya dicapai dengan sediaan kortikosteroid berfluor. Sedasi dengan antihistamin sangat membantu, terutama pada malam haru. Antibiotika diperlukan pada infeksi sekunder.

Gejala umum yang dirasakan dari penyakit eksim basah ini adalah :

  1. Rasa panas dan dingin yang berlebihan pada kulit.
  2. Gatal-gatal yang terasa pada malam hari.

Penyebab dari penyakit eksim basah ini adalah :

  1. Alergi makanan tertentu, misalnya ikan, susu, telur, gula, nangka dan nanas.
  2. Penyakit kencing manis/diabetes
  3. Alergi bahan kimia tertentu.

Pengobatan penyakit eksim basah sendiri diarahkan pertama-tama pada mengatasi rasa gatal, yang kadang hebat dan angat menjengkelkan. Bilatidak tersedia obat, maka (untuk sementara) dpaat digunakan kompres air dingin (air es) yang tiap jam diganti beberapa kali untuk meringankan gatal. Khususnya pada eksim basah (dengan keluarnya cairan) cara kompres ini layak digunakan. Obat-obat yang banyak digunakan pada pengobatan eksim adalah obat-obat bebas krem lemak netral, salep ter dan antihistamika.

Krem lemak netral dapat dibeli bebas di apotek. Sangat penting untuk mengoleskan krem ini pada tempat yang terkena eksim, agar kadar lembap kulit terpelihara dan menghindari pengeringan lebih lanjut dan memburuknya eksim. Salep ter, adalah obat lama yang kini masih sering digunakan. Di apotek dapat dibeli bebas dengan 5-10% teryang sering kali dapat berguna untuk meredakan gejala eksim. Keberatannya adalah baunya kurang enak.  Anthistamika banyak digunakan untuk mengatasi rasa gatal karena kaligata,kulit kering dan sengatan serangga. Zat-zat ini berkhqasiat melawan efek histamine, yang pada reaksi alergi dilepaskan oleh sel-sel mas kulit dan mukosa.


=====================================

>>> "Super Green Plus G2" Untuk Mengobati Eksim Basah dan Eksim Kering & Penyakit Kulit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Eksim Basah and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>